Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Ponpes Nurul Hidayah Al-Bina, Bogor “Prof. Bachtiar Aly Harap Pemuda dan Pelajar Amalkan 4 Pilar Kebangsaan”

0

Redaksidepok.com-Banyak cara menyosialisasikan tentang pentingnya empat (4) Pilar MPR RI.

Tidak hanya di kalangan kelompok intelektual, tokoh masyarakat dan akademik, tetapi perlu disosialisasikan ke tokoh-tokoh pemuda dan siswa-siswi yang tergabung dalam wadah Garda Pemuda Suluh Mandiri (GPSM) di Ponpes Nurul Hidayah Al-Bina, Bogor di Jl. Pesantren, Kp. Poncol, Duren Baru, Susukan, Bogor.


Prof.Dr. H. Bachtiar Aly, MA, Wakil Ketua Badan Sosialisasi MPR RI ini, menyambangi Ponpes Nurul Hidayah Al-Bina, di Bogor, Selasa (21/5/2019) kemarin.


Di hadapan ratusan pemuda dan pelajar, Prof. Bachtiar memaparkan tentang pentingnya 4 pilar MPR RI.

Menurut anggota DPR RI komisi I dan dikenal sebagai pakar komuniukasi politik ini, tentang 4 pilar MPR RI harus diperkenalkan dan terus disosialisasikan kepada seluruh elemen masyarakat terutama bagi kalangan generasi muda.


Pasalnya di dalam 4 pilar mencakup dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Nilai-nilai kebangsaan kita ditetapkan dalam 4 Pilar MPR RI. Yaitu, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, UUD 1945 dan NKRI. Ke-4 Pilar ini harus dipahami oleh masyarakat agar tidak terjadi penyimpangan pemahaman tentang kebangsaan dan kenegaraan, yang jika dipahami tidak sesuai dalam 4 pilar, kelak menimbulkan pada konflik sosial,” tutur Prof. Bachtiar.

Dalam kesempatan itu, Prof. Bachtiar mengingatkan para pemuda dan pelajar tentang nilai-nilai kebangsaan harus diamalkan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari.

“Sehingga akan tercapai keadilan dan keserasian dalam kehidupan di masyarakat,” kata Dubes Indonesia untuk Mesir tahun 2002-2005.
Ia menambahkan, Pilar 4 MPR RI tidak hanya menjadi pegangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Tetapi, dapat membangun karakter bangsa.

“Karakter bangsa yang tertuang dalam 4 Pilar, adalah tugas bersama dengan mengimplementasikan perilaku dan keteladanan yang baik dalam kehidupan bermasyarakat.

READ  El-hakim BEM RI dan Aliansi Pemuda,mahasiswa RI Ajak Mahasiswa jangan terpancing isue adu domba aktivis jakarta dan POLRI

Ini dalam hal mengamalkan makna 4 pilar,” ucap Prof. Bachtiar, di hadapan ratusan peserta yang terdiri dari pemuda, pelajar (GPSM) dan guru Ponpes Nurul Hidayah Al-Bina, di Bogor.

“Saya berharap melalui sosialisasi 4 Pilar MPR RI ini, generasi muda Indonesia tidak melupakan nilai-nilai luhur yang ada di dalam 4 Pilar MPR RI tersebut. Karena 4 Pilar MPR RI ini pada akhirnya adalah untuk memperdalam wawasan tentang berbangsa dan bernegara,” pungkas Prof. Bachtiar.

Usai memaparkan tentang 4 Pilar MPR RI, ia berinteraksi langsung dengan para peserta sambil menikmati hidangan buka puasa bersama.(*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.